Apa Itu Segmen ST?

07/03/2014 10:29

mempunyai arti diagnostik yang penting sekali. Bila segmen ST terletak di atas atau di bawah garis isoelektrik, berarti pada saat itu terjadi aliran listrik yang seharusnya tidak ada. Adanya obat herbal untuk radang selaput otak sangat membantu memulihkan secara alami tanpa menimbulkan efek samping. arus demikian, menun;'ukkan kebocoran membran sel. Hal itu terjadi bila iantung mengalami iskemia. Kelainan ST penting sekali artinya dalam hubungannya dengan penyakit jantung koroner yang menyebabkan iskemia.

 Kelainan gelombang T dapat terjadi karena berkurangnya voltase, sehingga gelombang T juga berhubungan dengan keadaan iskemia jantung.

Denyut Ektopik

 Suatu denyut prematur adalah sebuah kontraksi jantung sebelum waktu terjadinya kontraksi normal yang diharapkan. Keadaan ini sering juga disebut ekstra sistole atau denyut ektopik.

Gambar elekrrokardiogram ini memperlihatkan suatu denyut prematur atrium. Gelombang P dari denyut ini relatif normal, dan kompleks QRS iuga normal, tetapi interval PR dan inrerval antara denyut terdahulu dan denyut prematur memendek. Selain itu interval antara denyut prematur dan denyut berikut agak memanjang. Hal ini disebabkan denyut prematur yang berasal dari atrium agak jauh dari simpul SA dan impuls dari denyut prematur harus berjalan melalui otot atrium yang cukup banyak, sebelum impuls iru merangsang simpul SA. Aklbatnya, simpul SA menceruskan impuls sangat lambat dalam siklus itu dan menyebabkan denyut jantung berikutnya juga muncul terlambat.

Denyut premature ventrikel

Elektrokardiogram melukiskan serangkaian denyut premarur ventrikel yang berganti-ganti dengan denyut normal. Denyut prematur ventrikel yang berganti-ganti dengan denyut normal. Denyut prematur ventrikel diakibatkan oleh suatu fokus ektopik di dalam ventrikel dan menyebabkan beberapa pengaruh pada elektrokardiogram, yaitu:

1. Kompleks QRS biasanya sangat panjang.

2. Kompleks QRS itu mempunyai volmse yang sangat tinggi.